Blog

Baju Pengantin Kebaya Elegan dan Modern

1. Model Baju Pengantin Modis dan Modern Pada umumnya baju pengantin identik dengan pakaian dengan bahan dasar berwarna putih. Warna putih memiliki arti bersih dan suci. Selain itu, warna putih juga bisa memberikan kesan elegant dan anggun. Untuk mempercantik penampilan, biasanya warna putih itu bisa di padukan dengan warna emas, merah, pink atau biru serta dengan tambahan manik-manik atau payet.

Macam - macam Model Baju Pengantin Terbaru

Macam - macam Model Baju Pengantin Terbaru2. Model Baju Pengantin Tradisional Model baju pengantin tradisional ini biasanya di gunakan oleh pasangan pengantin yang menggunakan tema-tema tertentu sesuai dengan daerah masing-masing. Misalkan menggunakan konsep tema adat jawa, minang, batak atau betawi.

Model Baju Pengantin Adat Jawa

Model Baju Pengantin Tradisional

Macam-macam Model Baju Pengantin Tradisional

3. Model Baju Pengantin Ala India Tidak hanya di india, model baju pengantin ala india ini juga bisa anda gunakan di indonesia. Model baju pengantin ala india ini biasanya terkesan glamor dengan berbalutkan payet dan manik-manik yang elegant.

Model Baju Pengantin Ala India

Macam-macam Model Baju Pengantin Ala India

 Macam-macam Model Baju Pengantin Ala India

4. Model Baju Pengantin Syar’i Baju syari, tidak hanya di gunakan untuk kegiatan sehari-hari saja. Namun, kini sudah mulai banyak bermunculan gaun pengantin syari sesuai syariat islam dengan desain menutup dada, namun tetap tidak meninggalkan kesan anggun dan elegant.

Macam-macam Model Baju Pengantin Syar'i

Gaun Pengantin Muslim Syar'i

Model Baju Pengantin Syar'i Modern

5. Model Baju Pengantin Kebaya Terbaru Model baju pengantin kebaya mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun, model baju pengantin kebaya kini semakin banyak modelnya. Iya, semakin anggun, cantik dan elegant.

Model Baju Kebaya Pengantin Modis Terbaru

Model Gaun Pengantin Kebaya

Model Baju Kebaya Pengantin Terbaru

Tidak heran jika calon pengantin kini banyak yang kebingungan memilih desain baju pengantin, karena semakin banyak model desain baju pengantin, akan semakin membuat anda bingung. Namun, anda pun harus ingat sesuaikan dengan selera, budged dan konsep tema yang anda usung untuk pesta pernikahan anda. semoga bermanfaat.

Pencarian :baju pengantin india ,pakaian pengantin india ,foto pengantin ,gaun pernikahan ala india ,gaun pengantin india ,koleksi baju pengantin ,pengantin india ,model gaun pengantin india ,baju pernikahan india ,baju pernikahan india modern

Advertisements

Perancang Busana Paling Terkenal Di Dunia

Setiap orang yang berniat untuk menghadiri suatu acara pastinya ingin tampil berbeda dari orang lain. Maka dari itu, mereka memastikan untuk menggunakan busana unik yang juga berkelas untuk bisa menambah daya tarik dan gengsi. Jika kalian ingin menjadi pusat perhatian, kalian bisa menyewa beberapa perancang busana untuk menciptakan busana yang tepat untuk kalian gunakan. Sekarang ini, ada 10 designer terkenal dunia yang bisa mengabulkan permintaan kalian untuk menciptakan busana unik dan berkelas. Siapa saja 10 designer terkenal tersebut akan dijelaskan pada artikel berikut.

10. Christian Dior

christian dior

Kalian ingin menjadi pusat perhatian di sebuah pesta? Kenakanlah busana rancangan designer bernama Christian Dior. Berani jamin, semua mata orang akan tertuju pada kamu. Christian Dior adalah seorang perancang busana terkenal yang berasal dari Perancis, lahir pada 21 Januari 1905. Dior dikenal dengan busananya yang dibuat secara khusus mengusung konsep “New Look”.

Melalui konsep “New Look” yang diluncurkan pada tahun 1947, Dior berhasil membuat terobosan baru di dunia fashion. Melalui rancangannya, Dior membawa angin segar di dunia fashion pasca perang Paris. Design pakaian yang dirancang oleh Dior benar-benar berbeda dari perancangan busana lain. Inovasi Dior bagaikan badai keras yang menerjang dunia busana di dunia.

9. Tom Ford

tom ford

Pria yang juga merupakan pembuat film ini rupanya termasuk ke dalam salah satu designer fashin terkemuka di dunia. Ford adalah perancangan busana yang dapat menghasilkan hasil rancangan luar biasa yang tidak pernah bisa orang bayangkan. Dianggap sebagai designer kelas atas, Tom Ford juga berperan sebagai direktur dari Yves Saint Laurent dan Gucci.

Ketika kecil, Tom Ford tidak pernah berpikir untuk berkarir menjadi fashion designer. Ford lebih tertarik pada dunia akting. Untuk menjadi aktor, Ford bahkan yang lahir di Texas ini bahkan mengambil kelas akting. Apa boleh dikata, ternyata nasib mengarahkan Tom untuk menjadi seorang perancang busana. Di tahun 2000, Tom dinyatakan sebagai pemenang dalam Best International Designer Award.

8. Donatella Versace

Donatella Versace

Merk Versace telah dikenal di dunia tidak hanya sebagai fashion wanita tapi juga perkakas rumah, aksesoris, dan juga hotel. Pemilik dari merk tersebut tidak lain adalah Donatella Versace. Donatella yang merupakan saudari dari Gianni Versace membuktikan bahwa dirinya tidak kalah dengan saudarinya tersebut dalam berbisnis. Setelah Gianni tewas dibunuh pada tahun 1997, Donatella langsung mengambil alih Versace dan membawa nama Versace ke tingkat yang lebih tinggi.

Tidak membutuhkan waktu lama, Donatella berhasil menjadikan Versace sebagai merk fashion wanita ternama di dunia. Busana yang diciptakan oleh Versace selalu berhasil menarik perhatian banyak wanita untuk menggunakannya sebagai pakaian favorit.

7. Calvin Klein

Calvin Klein

Siapa yang tidak tahu dengan merk fashion terkenal Calvin Klein? Perlu kalian ketahui bahwa Calvin Klein merupakan salah satu merk fashion terkenal untuk kaum Adam terutama pakaian dalam. Menggunakan pakaian buatan Calvin Klein sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dilewatkan oleh para pria.

Calvin Klein lahir pada tahun 1942 di New York. Klein sudah dikenal dunia fashion sebagai designer terkenal dengan karisma dan penampilan yang selalu menarik perhatian. Memiliki saingan berat bernama Ralph Lauren, Klein yakin bahwa pesaingnya tersebut iri dengan kesuksesan dan karisma yang dimiliki oleh Klein.

6. Azzedine Alaia

azzedine alaia

Azzedine Alaia awalnya meniti karir sebagai asisten designer. Dalam merancang busana, Alaia selalu mengutamakan struktur dan segi kemurnian dari bentuk busananya. Karena hasil rancangan busananya yang bisa menampilkan sisi lain dari seorang perempuan, Alaia dikenal oleh dunia sebagai designer fashion terkenal di dunia.

Setiap busana yang ia buat selalu memperhatika setiap segi dan lekuk dari fashion. Tidak ada satu bagianpun yang sia-sia. Alaia selalu menggunakan bahan kelas 1 dan memilih orang-orang dengan kemampuan khusus untuk membantunya meracang pakaian.

5. Alexandre McQueen

Alexander Mcqueen

Lee Alexander McQueen adalah seorang fashion designer dan penjahit terkenal yang berasal dari Inggris. Nama dikenal karena pernah bekerja sebagai kepala designer Givenchy dari tahun 1996 sampai 2001. McQueen juga yang mendirikan merk fashion yang kini telah mendunia yakni Alexander McQueen.

McQueen pernah meraih penghargaan di dunia busana dengan 4 kali keluar sebagai juata di British Designer of The Year. Sayang, meski memiliki rancangan pakaian yang banyak digunakan oleh orang, McQueen ditemukan tewas karena bunuh diri. McQueen memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di tahun 2010 pada saat usianya 40 tahun.

4. Donna Karan

donna karan

Dengan inisial “DK” Donna Karen adalah perancang busana terkenal yang berasal dari negeri paman Sam, Amerika Serikat. Dialah yang menjadi pendiri dari merk busana Donna Karan New York atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan DKNY. Donna Karan lahir di Amerika pada tanggal 2 Oktober 1948.

Donna Karan terjun ke dunia fashion berkat latar belakangnya yang juga memiliki hubungan dengan design. Karan telah bekerja sebagai kepala design sejak berthaun-tahun lamanya. Dirinya juga sudah menampilkan sejumlah rancangan design terkenal, yang termasuk di dalamnya adalah ‘Seven Easy Pieces’. Label DKNY kini telah menjadi salah satu label fashion terkenal di dunia.

3. Marc Jacobs

marc jacobs

Sukses mengguncang dunia fashion di tahun 1980an, dialah designer bernama Marc Jacobs. Di tahun 2014, Jacobs termasuk dalam salah satu designer dengan harga busana tertinggi yang pernah ada. Design pakaian yang dibuatnya tersebar di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Marc Jacobs adalah designer terkenal asal New York yang lahir pada 9 April 1963. Jacobs hidup bersama dengan neneknya sejak ayahnya meninggal dunia. Jacobs masuk ke sekolah design bernama Parsons School of Design. Pada tahun 1986, Jacobs meluncurkan sendiri koleksi busana buatannya sendiri, menggunakan namanya sendiri dan mulai berkarya di dunia fashion.

2. Giorgio Armani

giorgio armani

Tidak mungkin rasanya bila tidak memasukan nama Giorgio Armani dalam daftar designer terkenal di dunia. Lebih mengutamakan pakaian pria, Armani selalu menampilkan fashion yang unik dan sekaligus mewah. Perusahaan fashion Armani didirikannya pada tahun 1975 dan pada tahun 2001 berhasil menjadi perusahaan fashion terkenal di Italia.

Untuk bisa menjadi designer seperti sekarang ini, Armani harus melewati beberapa rintangan berat dalam hidupnya. Kemampuan Armani dalam menciptakan busana sudha banyak diakui oleh orang-orang. Dirinya juga sudah menjadi inspirasi dari banyak designer muda di dunia. Armani juga menjadi satu-satunya perancang busana pertama yang sangat memperhatikan bentuk tubuh dari modelnya. Jika modelnya memiliki Body Mass Index dibawah 18, Armani tidak akan menggunakan model tersebut.

1. Coco Chanel

coco chanel

Chanel adalah pilihan sempurna bagi para wanita yang ingin menjadi pusat perhatian. Busana yang dibuat oleh designer asal Perancis terbukti memberikan kesan elegan dan mewah pada setiap perempuan yang mengenakannya. Sudah selama berthaun-tahun, Chanel sudah menjadi merk yang merajai dunia fashion.

Lahir dengan nama lengkap Gabirelle “Coco” Bonheur Chanel, Coco lahir di Saumur, Perancis pada tanggal 19 Agustus 1983. Nama Chanel telah menjadi inspirator dunia fashion di abad ke-20. Nama Chanel juga menjadi satu-satunya nama perancang busana yang masuk dalam majalah Time 100: The Most Important People of The Century.

Perancang busana indonesia

1. Adjie Notonegoro

ajie1

Adjie Notonegoro adalah salah satu desainer terbaik Indonesia. Hasil rancangannya banyak disukai orang penting nasional maupun internasional. Dengan latar belakang pendidikan desain busana yang dia dapatkan di eropa maka pastinya tidak ada yang meragukan hasil desainnya.
Adjie lahir di Jakarta, 18 Juli 1961. Beliau adalah putra dari Djati Prayitno dan Ibu Ami. Adjie pernah belajar di sekolah mode Mueller und Sohn di Jerman. Kemudian ia ke Paris dan Italia untuk memperdalam ilmunya. Setelah selesai belajar, Adjie kembali ke Indonesia dan membuka sebuah butik. Karya busananya telah dipakai oleh orang-orang terkenal seperti Gus Dur, Bill Clinton, Fidel Castro.

2. Hengki Kawilarang

Kualitas desain Hengki Kawilarang tak pernah diragukan lagi. Dengan sentuhan busana yang unik dan elegan, Hengki dipercaya sebagai desainer dalam berbagai ajang bergengsi dalam negeri. Setelah dipercaya menjadi perancang gaun untuk para kontestan Miss World 2013, Hengki Kawilarang kembali dipercaya sebagai perancang di ajang Miss Indonesia 2014

.Hengki memulai karirnya pada tahun 2002 lewat karya pertamanya dengan label ‘HengkiKawilarang’. Pada tahun 2007, pria lulusan Pusat Pendidikan Desain Bandung ini mendirikan PT. HK Management yang di dalamnya ada label Hengki Kawilarang Couture dan Deluxe Hengki Kawilarang sebagai lini pakaian ready to wear miliknya.

 

  1. Anne Avanti

Perancang busana Indonesia yang terkenal melalui koleksi kebaya hasil karyanya ini lahir di Semarang, 20 Mei 1964. Hasil karyanya telah dikenal di skala nasional maupun internasional.
Anne selalu memadukan unsur asli Indonesia, mengkombinasikan motif kebaya antar daerah. Selain itu, Anne juga sangat pandai merancang kebaya dengan desain yang modern.

4. Tex Saverio

tex_saverio2

Desainer muda yang baru memulai label di tahun 2010 ini kian berkembang pesat. Karya-karyanya bahkan dipakai artis sekelas Lady Gaga, dan yang terbaru dikenakan dalam poster sekuel film The Hunger Games. Tak hanya itu saja, Tex jadi desainer Indonesia pertama yang mengisi panggung runway di Paris Fashion Week dengan label ready-to-wear barunya, TEXSAVERIO Jakarta. Untuk koleksi couture terbarunya, Tex menyajikan perpaduan fashion dan teknologi dengan menciptakan baju dari printing 3D.

5. Ivan Gunawan

ivan

Ivan Gunawan Putra atau lebih akrab disapa Ivan Gunawan merupakan putra dari seorang diplomat dan keponakan dari perancang busana Adjie Notonegoro, Ivan Gunawan lahir di Jakarta, 31 Desember 1981. Pria ini memliki darah keturunan Jawa,Tionghoa,dan Belanda. Selain sebagai desainer, Ivan juga berprofesi sebagai pembawa acara dan membintangi beberapa film.

Tak hanya dikenal dengan rancangan gaun malamnya yang glamour, Ivan Gunawan juga jadi desainer pilihan dalam membuat gaun pengantin. Beberapa selebriti tanah air yang mengenakan rancangan baju pengantin model kebaya Ivan Gunawan adalah Ayu Ting Ting, Ussy Sulistyowati, dan masih banyak lagi.

6. Peggy Hartanto

peggy-hartanto

Wanita kelahiran Surabaya ini mulai menggeluti dunia fashion di Raffles College of Design and Commerce Sydney, Australia. Label Peggy dikenal dengan ciri rancang yang minimalis, modern, namun tetap feminin. Tak heran karyanya diminati para seleb Indonesia hingga mancanegara. Misalnya saja Andien, Giuliana Rancic, Bella Thorne, AJ Michalka, Lucy Hale dan Janel Parrish.

7. Oscar Lawalata

Oscar Septianus Lawalata atau yang lebih akrab disapa Oscar Lawalata, lahir di Pekanbaru 1 September 1977. Ia adalah kakak dari pemain film Mario Lawalata anak dari pasangan Reggy Lawalata dan Alexander Polii namun sekarang sudah bercerai. Oscar pernah belajar di sekolah mode di Jakarta, Esmod.

Oscar Lawalata adalah salah satu ”nama besar” dalam dunia rancang busana atau pentas mode Indonesia. Oscar menjadi penting karena dia merancang karya-karyanya dengan mengangkat keindahan kain-kain tradisional Kalimantan, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, maupun Jawa. Oscar mendapatkan ide-ide atau inspirasi melalui perjalanannya ke desa-desa tenun. Baginya, keindahan dan motif-motif tenun adalah inspirasi yang tidak ada habisnya. Keindahan budaya Indonesia terungkap jelas di dalamnya. Dengan keindahan kain tradisional itulah, Oscar melahirkan banyak karya batik, ikat, maupun tenun menjadi busana modern.

8. Marga Alam

Satu lagi desainer yang dikenal dengan karya kebaya mewah dan modern, yaitu Marga Alam. Dalam setiap karyanya, Marga kerap menggabungkan sentuhan tradisional yang dikemas secara modern lewat tempelan bordir dan juga payet.

9. Iwan Tirta

 

Lahir di Blora,18 April 1935 dan meninggal di Jakarta 31 Juli 2010 pada umur 75 tahun. Beliau adalah perancang busana Indonesia yang terkenal dengan koleksi batik hasil karyanya. Batik rancangannya dikenakan oleh para kepala Negara pada pertemuan APEC pada tahun 1994.

10. Auguste Soesastro

auguste-soesastro

Auguste Soesastro menjadi urutan berikutnya untuk desainer Indonesia yang sukses di industri mode internasional. Setelah menyelesaikan masa kuliahnya di jurusan Film and Digital Arts dari Australian National University, Auguste melanjutkan pendidikan fashionnya di Chambre Syndicale de la Couture, Paris. Selama tinggal di Paris, ia juga magang di beberapa rumah mode Haute Couture. Dua tahun kemudian, Auguste pindah ke New York dan mendirikan labelnya sendiri, Kraton. Rancangan minimalis, kasual dan potongan asimetris menjadi ciri khas desainnya kini.

Trend Contoh Baju Muslim Model Sekarang 2015

Menjelang pergantian tahun 2015 banyak kalangan masyarakat pria wanita dewasa ataupunn remaja menantikan berbagai hal baru pastinya, salah satu yang termasuk hal baru tersebut yaitu mengenai trend baju muslim modern. Mengapa dan kenapa dengan model baju muslim terbaru ini? Tentunya anda sebagian mungkin sudah tahu bukan bahwa dengan adanya pergantian tahun baru kemungkinan besar trend busana muslim juga ikut berubah mengikuti baju muslim modern model sekarang. Perkembangan inilah yang sering ditunggu-tunggu oleh muda mudi atau muslim/muslimah yang ingin berpakaian gaul dengan desain baju muslim terkini.

Trend Contoh Baju Muslim Model Sekarang 2015

busana-muslim-modern-modis

Secara umumnya masyarakat pasti bosan atau menilai pakaian yang telah mereka miliki terkesan sudah usang dan tidak sesuai dengan trend model fashion sekarang ini sehingga banyak masyarakat menginginkan sebuah perubahan yang tampak dan mengikuti trend busana muslim sekarang ini. Model busana muslim yang diberikan juga tentunya sangat variatif dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan memungkinkan desain baju muslim yang dibuat akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

baju-muslim-batik-wanita-terbaik-2015

model-baju-muslim-kebaya-modis-2015

MANFAAT FASHION

Manfaat fashion

Manfaat fashion dalam kehidupan sehari-hari

Fashion Wanita

Fashion memang cenderung identik dengan kaum wanita, memang busana wanita bisa dibilang lebih WOW dan mendominasi dari pada busana pria. Dari kehidupan sehari-hari juga sudah bisa dilihat pakaian wanita lebih banyak memiliki variasi, model yang unik-unik, beraneka ragam, lebih berwarna-warni dan bahkan kadang sejenak terlihat aneh-aneh modelnya,  pakaian wanita memang terbilang lengkap mulai dari pakaian atasan, bawah dan bahkan aksesorisnyapun lengkap mulai dari anting, gelang, cincin, tas, sepatu dll.
Tampil cantik dan trendy tentunya merupakan keinginan dari setiap wanita, maka kebanyakan dari wanita selalu memperhatikan fashionnya yang sedang ngetrend atau update, supaya terlihat beda cantik, anggun, mempesona dan penampilannya tidak monoton atau itu-itu saja sehingga lebih percaya diri dalam beraktifitas sehari-hari.
Ingin tampil cantik mengikuti trend fashion tentunya berhubungan dengan belanja, boros dan mahal tapi sebenarnya mengikuti trend fashion tidak selalu boros dan mahal, yang terpenting harus bisa memanage anggaran dengan baik dan harus pandai-pandai dalam memilih tempat yang menjual baju wanita murah yang tepat, berkwalitas tetapi tidak murahan.
Wanita di zaman sekarang ini memiliki peran yang lebih kompleks dalam kehidupan masyarakat, wanita  zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang, kalau dulu wanita identik dengan pekerjan rumah atau dapur fashion tentunya tidak terlalu mencolok, berbeda di zaman sekarang wanita juga  mempunyai peran dalam membantu perekonomian keluarga atau biasa kita sebut wanita karir, bahkan tak sedikit para perusahaan yang lebih membutuhkan wanita dari pada pria dalam suatu pekerjaan.
Dari situlah fashion memang diperlukan dalam menunjang aktifitas sehari-hari, dalam sebuah karir atau pekerjaaan, berpenampilan menarik untuk beberapa pekerjaan menjadi pertimbangan, yang bisa kita lihat contohnya dalam sebuah lowongan pekerjaan, biasanya untuk pekerjaan tertentu ada tuntutan syarat yaitu “wanita atau pria berpenampilan menarik”. Tentunya berpenampilan menarik dengan adanya dukungan dari fashion yang sesuai.

Fashion atau busana menjadi hal yang harus kita perhatikan baik itu pria atau wanita dalam menunjang aktifitas kehidupan sehari-hari, maka tidak ada salahnya setiap beberapa bulan sekali untuk memanjakan diri dengan mengupdate penampilan busana yang kita gunakan, sempatkan sedikit waktu untuk berbelanja fashion yang cocok supaya kita bisa lebih percaya diri dalam berkerja atau beraktifitas, apabila sobat-sobat mempunyai kesibukan yang padat, macetnya lalu lintas berbelanja di toko online bisa menjadi pilihan, karena dengan perkembangan teknologi sekarang ini sudah banyak toko online yang dipercaya menjual berbagai busana yang kita butuhkan.

Fasion tentunya sangat memberikan manfaat pada diri kita dalam kehidupan sehari-hari apa saja sih manfaatnya yaitu sebagai berikut.

Manfaat fashion dalam kehidupan sehari-hari :

Meningkatkan percaya diri

Tentunya dengan penampilan yang oke, akan menumbuhkan rasa percaya diri kita lebih besar baik dalam bekerja atau dalam aktifitas sehari-hari, sehingga bisa meningkatkan performa kerja kita. Coba kalau pakaian kita kumel dan kucel tentunya akan membuat diri kita minder, namun ketika berbusana janganlah terlalu berlebih-lebihan, tetapi pilihlah busana yang pantas dan sewajarnya sesuai aturannya.

Memberikan daya tarik tersendiri

Berpenampilan ok tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri yang memikat, kalau dalam suatu pekerjaan tentunya akan memberikan daya tarik terhadap konsumen/customer. Penampilan ok dipadu dengan keramahan kesopanan dan pelayanan yang memuaskan tentunya akan menjadi perhatian konsumen.

Membuat kita dan orang lain bahagia

Memanjakan diri dengan membeli pakaian baru tentunya akan membuat kita merasa bahagia karena kebutuhan dan keinginan kita bisa terpenuhi, atau sesekali dengan memberikan hadiah kepada orang tercinta dengan baju baru tentunya akan membuat mereka bahagia.

Definisi Dan Pengertian Fashion

Apa Definisi Dan Bagaimana
Pengertian Fashion Sebenarnya ?

 

Meskipun Fashion memiliki definisi berbeda-beda, tetapi pengertian fashion pada prinsipnya tetap tidak terpisah dari perubahan selera masyarakat di jamannya.

 

Definisi fashion boleh dirumuskan dengan kalimat berbeda, tapi pengertiannya tidak berbeda sejak awal abad 20  hingga memasuki era global. Pada prinsipnya fashion tidak terpisahkan dari faktor-faktor selera masyarakat tertentu yang dipengaruhi oleh perkembangan sosial budaya tertentu dan dalam rentang waktu tertentu.

 

Hampir setiap orang pernah membicarakan tentang fashion, apakah itu fashion show, fashion exhibition atau tentang perangkat fashion yang sedang in dijual di pasaran. Tetapi ketika ditanyakan apa definisi fashion yang sebenarnya, maka akan kesulitan untuk menjelaskan, bahkan juga mereka yang memiliki profesi terkait dengan dunia fashion.

 

Fashion sendiri merupakan kata yang lebih populer dan lebih akrab bagi kebanyakan masyarakat Indonesia dibandingkan kata serapannya: fesyen, meskipun menurut Wikipedia padanan fashion dalam bahasa Indonesia adalah mode, banyak orang yang cenderung mengasosiasikannya dengan pakaian atau perangkat yang melengkapi pakaian.

 

Apa saja definisi fashion dan bagaimana pengertian fashion ?

 

Secara etimologis Fashion berasal dari bahasa Latin, factio, yang berarti “melakukan”. Arti sesungguhnya dari kata “fashion” adalah sesuatu yang mengacu pada hal-hal yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Hal-hal yang dilakukan tersebut tidak sebatas orang yang memakai pakaian, melainkan mencakup arti yang lebih luas.

 

Dalam perkembangannya, kata yang berasal dari bahasa Latin tersebut diserap dalam bahasa Inggris menjadi “fashion” yang kemudian secara sederhana diartikan sebagai gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya. Dalam perkembangannya, fashion tidak hanya dipahamkan sebatas pakaian, tetapi juga melebar pada perangkat perlengkapannya seperti sepatu, tas dan lain-lain, bahkan berbagai produk sampai gaya hidup.

 

Akibat “fashion” memiliki pengertian yang bias, maka banyak para ahli yang mencoba untuk mendefinisikan apa sebenarnya “fashion” tersebut. Tak hanya para ahli bahasa, tetapi juga para ahli di berbagai bidang, terutama dari dunia fashion sendiri. Tidak ada salahnya mengetahui beragam definisi dan pengertian “fashion” dari para ahli untuk menambah wawasan, setidaknya saat berbicara mengenai fashion kita lebih tahu tentang batasan dan pengertian “fashion” agar tahu persis lingkup pembicaraan kita. Sehingga oleh mereka yang mengerti masalah fashion, kita tidak dinilai asal bicara dan sok tahu tentang fashion.

 

Polhemus dan Procter mendefinisikan fashion sebagai sesuatu bentuk dan jenis tata cara atau cara bertindak. Dalam masyarakat kontemporer barat, istilah fashion cenderung diartikan sebagai dandanan, gaya, dan busana. Media barat mempertajam anggapan tersebut dengan memberi predikat pusat fashion dunia pada kota-kota dimana para disainer terkenal menyelenggarakan fashion show seperti New York, Milan, Paris, dan London.

 

Terkait dengan definisi dan pengertian fashion, Thomas Carlyle berpendapat bahwa pakaian melambangkan jiwa pemakainya. Mode pakaian tak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia. Karena itu Carlyle menekankan bahwa fashion bisa diibaratkan sebagai “kulit sosial” yang mencerminkan gaya hidup suatu komunitas dan mengekspresikan identitas tertentu yang merupakan bagian dari kehidupan sosial.

 

Sehingga fashion yang dipilih seseorang bisa menunjukkan bagaimana seseorang tersebut memilih gaya hidup. Seseorang yang sangat fashionable, secara tidak langsung mengkonstruksi dirinya dengan gaya hidup modern, karena selalu mengikuti tren. Menurut Carlyle, hal ini menunjukkan bahwa fashion bisa membantu menentukan sikap dan nilai-nilai serta menunjukkan status sosial.

 

Kesimpulan itu mirip dengan pendapat Solomon yang dipublikasikan melalui bukunya “Consumer Behaviour”. Menurutnya, fashion adalah proses penyebaran sosial bagi sebuah mode baru untuk diadopsi oleh kelompok konsumen. Fashion tersebut mengacu pada kombinasi beberapa atribut yang dianggap mutakhir, sehingga jika tidak mengadopsinya maka bisa dianggap tidak fashioned. atau ketinggalan jaman.

 

Pengertian tersebut juga mirip dengan kesimpulan yang diajukan  Troxell dan Stone dalam bukunya “Fashion Merchandising”. Mereka mendefinisikan fashion sebagai gaya yang diterima dan digunakan oleh mayoritas anggota kelompok dalam satu waktu tertentu. Definisi ini juga menyiratkan bahwa fashion berkaitan dengan mode atau gaya yang digemari, kepribadian seseorang, dan rentang waktu. Sekaligus menjelaskan mengapa sebuah gaya yang sedang menjadi tren pada saat ini bisa dikatakan ketinggalan jaman, setelah lewat beberapa bulan kemudian.

 

Definisi dan pengertian tentang fashion yang dijelaskan oleh Simmel dalam bukunya “Fashion” lebih menitikberatkan pada kecenderungan individu dan masyarakat. Menurut Simmel terdapat dua kecenderungan sosial yang membentuk fashion. Kedua kecenderungan tersebut saling berkaitan dan membentuk kesatuan, jika tidak terdapat salah satu kecenderungan tersebut maka fashion tak akan terbentuk.

 

Diuraikannya, kecenderungan yang pertama merupakan kebutuhan untuk menyatu, sedangkan kecenderungan yang kedua merupakan kebutuhan untuk terisolasi. Individu haruslah memiliki hasrat untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar, tetapi masyarakat dan individu juga harus memiliki hasrat menjadi sesuatu yang terlepas dari bagian itu.

 

Menurut Simmel, manusia butuh untuk menjadi sosial dan individual pada saat yang sama, dan fashion merupakan cara untuk menegosiasikan kedua hal tersebut. Di saat kebutuhan untuk membedakan dirinya atau membedakan kelompoknya dari kelompok lain lebih besar, maka fashion akan berkembang lebih cepat. Tetapi sebaliknya, bila masyarakat kurang lebih stabil maka fashion kurang memungkinkan untuk berubah.

 

Sedangkan menurut Malcolm Barnard yang secara etimologis mengaitkan fashion dengan kata yang berasal dari bahasa Latin “factio” artinya “membuat”, maka arti “fashion” adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Tetapi pada perkembangannya terjadi penyempitan arti dari fashion. “Fashion” saat ini diartikan sebagai pakaian dan asesoriesnya yang dipakai oleh seseorang.

 

Tetapi menurutnya, tidak berarti pakaian yang dikenakan seseorang lantas bisa dikategorikan sebagai fashionable. Juga pakaian yang saat ini fashioned, kelak akan tidak fashioned lagi dan ketinggalan jaman, karena perubahan selera dari orang yang memakainya. Fashion selalu memiliki daur hidup tertentu dan selalu berubah dari waktu ke waktu.

 

Sesuai definisi dan pengertian fashion, mereka fashioned di jamannya masing-masing.

 

Berdasarkan berbagai definisi dan uraian tentang pengertian fashion tersebut, secara sederhana fashion bisa disimpulkan sebagai kecenderungan untuk mengikuti gaya tertentu yang sedang digemari pada saat tertentu dan akan berlaku dalam jangka waktu tertentu. Fashion dicerminkan oleh pakaian dan kelengkapannya yang memiliki desain tertentu yang disukai sebagian besar masyarakat.

 

Fashion tidak hanya memberikan seseorang model pakaian tertentu yang membuatnya merasa lebih nyaman, tetapi juga bisa mencerminkan dirinya melalui pakaian yang dia kenakan. Bahkan seseorang bisa menjadi apa saja sesuai dengan pakaian yang dipilihnya. Faktor perkembangan teknologi industri yang memungkinkan diproduksi bahan-bahan perangkat fashion yang lebih canggih dan peran teknologi informasi menjadi faktor yang sangat mempengaruhi perubahan-perubahan fashion.

Desainer hanya menawarkan model, fashion ditentukan oleh selera konsumen.

 

Dari waktu ke waktu perkembangan fashion sulit diprediksikan karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama kecenderungan konsumen terhadap produk dengan desain yang baru, lebih baru dan paling baru. Fashion bukan ditentukan oleh hasil rancangan desainer atau gencarnya promosi yang dilakukan produsen. Mereka hanya menawarkan beragam desain, tetapi pada akhirnya pilihan terhadap yang akan menjadi trend tergantung sepenuhnya kepada konsumen, terutama kaum wanita.

 

Pada Tahun 1990-2010

TAHUN 1990 (GRUNGE)

Ini dia tahun dimana band-band favorit saya muncul *mangkanya guwe bold ini tulisan*. Masa-masa ini muncul grup band macam Nirvana dan OASIS yang menggemparkan dunia. Aliran musik Grunge berawal dari Amerika  yang  kemudian menyebar ke Inggris.

Musik Grunge menjadi simbol fashion tahun 1990an. Meskipun begitu, tahun 1990 dikenal sebagai  tahun terburuk dalam sejarah fashion dunia atau dikenal dengan sebutan “The decade fashion has forgotten.” Style Grunge ini mirip gaya Punk namun tidak begitu radikal.

Celana jin, kaos, dan perpaduan dengan baju bermotif kotak-kotak lebar menjadi ciri identik gaya berbusana masa ini, selain tentu saja rambut gondrong dan berantakan sebagai pelengkap.

TAHUN 1990 (MIX UP)

Group portrait of American boy band Backstreet Boys, London, 1998. Clockwise from top left: Nick Carter, Brian Littrell, Kevin Richardson, Howie Dorough and AJ McLean. (Photo by David Tonge/Getty Images)

blue jeans dengan denim jackets in acid wash, baby doll dresses,  t-shirts kedodoran, pakaian olah raga, pakaian basket, pakaian baseball, sweatshirt and sweater, dengan perpaduan sepatu sneakers and keds. Gaya busana tahun 1960s and 1970s juga berkembang lagi di tahun 1990s dengan pakaian floral  dan  gaya  hippie.

Tren tahun 1990an lebih pada mengkombinasikan gaya busana tahun 1960-1980. Namun demikian, pada  tahun tahun 1990an, celana jin dan pakaian longgar yang dimasukkan menjadi simbol umum berbusana.

TAHUN 2000 (NEW MILLENIA)

2000newmil

Milenium baru memberikan nuansa serba silver bagi perkembangan fashion. Nuansa futuristik namun tetap glamor menjadi awal dari perkembangan fashion awal tahun 2000an.

TAHUN 2000 (EMO)

547d189b64e8f_-_mcx0308faboho003-large-new

Pertengahan tahun 2000-an juga diwarnai dengan gaya berbusana Emo. Gaya berbusana Emo yang serba gothic, hitam, eye shadow hitam, dengan ciri khas rambut lurus kesamping hingga hampir menutupi mata menjadi populer. Potongan rambut jabrik tajam namun masih tetap panjang juga menjadi gaya rambut wanita pada pertengahan tahun 2000. Grup band macam My Chamical Romance menjadi salah satu tren dan panutan.

TAHUN 2000 (INDIE)

Mirip pada tahun-tahun sebelumnya, budaya sub-culture juga memainkan peran. Mirip dengan budaya Grunge, Punk, dan Hippie, budaya Indie bertitik-berat pada simbol pertentangan budaya konservatif yang berkembang. Kata indie standout for Independen, atau bisa disebut mandiri. Ini mencerminkan cara fashionista Indie memilih baju yang cenderung mandiri dan tidak terpengaruh dengan model fashion umum.

Gaya berbusana Indie terkenal dengan celana jin pensil ketat, perpaduan celana pendek degan sepatu, Kaos berbentuk V-neck,  baju bentuk Bill Cosby, atau swetter kedodoran, perpaduan retro, vintage, modern, sepatu canvas warna dengan tali sepatu colourful adalah beberapa ciri karakter. Gaya berbusana Indie lebih cenderung kepada perpaduan fashion segala jenis baju namun masih terkesan modern.

TAHUN 2010 (HIPSTER)

hipster2

Tahun ini muncul budaya pop culture lain, yang disebut Hipster. Budaya ini berasal dari Amerika Serikat dan sedang mewabah ke anak muda seluruh dunia. Sama seperti budaya Sub-Culturesebelumnya, budaya berpakaian Hipsterkebebasan menekankan pada kegiatan self-sustaining, DIY *Do It Yourself*, dan anti konserfatif.

Awal mula budaya Hipster muncul, budaya ini menekankan pada model busana yang dimiliki oleh para Tunawisma dan orang urban miskin di Amerika Serikat.

Budaya Hipster menekankan pada kegiatan mereka yang  tidak bisa lepas dari gedget pribadi, smartphone, laptop, dan hardwere personal lain. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2010 awal, produk elektronik semacam smartphone telah masuk ke hampir setiap negara dan dapat dimiliki hampir setiap manusia di bumi.

Skinny Jin, Kacama  besar, Rambut tidak terurus rapi, Baju kedodoran, sepatu boot tinggi, Penutup Kepala, Syal, jaket kedodoran, membawa Smartphone atau Laptop Apple, naik  sepeda, pakai tas vintage, dan minum kopi latte di pojokan cafe jadi cirikhas gaya berbusana wajib hipster.

Pada Tahun 1960- 1980

TAHUN 1960 (FUTURISMO)

09

Tahun 1960 awal ditandai dengan adanya invasi teknologi rumah tangga yang dapat dijangkau semua kalangan. Televisi mulai digunakan di setiap rumah tangga, mesin cuci, mobil, hingga strika sudah mulai digunakan secara luas dengan harga terjangkau.

 

Era ini adalah era “Masa Depan” yang lebih dikenal dengan istilah Futurismo di  dunia fashion. Mode fashion juga berubah dengan  pengaruh invasi teknologi. Fashion tahun 1960 an di dominasi busana minimalis dengan motif garis atau bintik yang mengesankan moderenitas dan arti teknologi tinggi pada zamannya.

TAHUN 1960 (CAMISETA)

Tahun 1960 juga dihiasi dengan sering munculnya gerakan-gerakan pemuda yang menentang pemerintah. Peran dan dominasi anak muda dalam perkembangan dunia diawali pada tahun 1960 ini. Tidak dapat dihitung lagi banyak pemuda yang menjadi milyader melewati masa mudanya  pada tahun 1960, seperti Steve Job dan Bill Gates.

Dominasi anak muda secara tidak langsung juga  mempengaruhi gaya berbusana masyarakat umum. Budaya memakai celana jin dan  kaos oblong  pertama kali populer pada tahun-tahun ini. Camiseta sendiri berarti Kaos dalam bahasa Spanyol.

TAHUN 1960 (HIPPIE)

Akibat perang Vietnam yang berkepanjangan, kondisi politik yang ramai dengan terbunuhnya Presiden JFK, dan arus informasi yang begitu masive dari sebelumnya, menyebabkan semua kalangan mengerti masalah kejamnya perang Vietnam, munculah gerakan anti pemerintah yang dikenal dengan sebutan Hippie.

Kaum Hippie terpengaruh gaya berbusana Bohemian Style pada tahun 1950an. Kaum Hippie identik dengan pakaian longgar yang menunjukkan kedekatan mereka dengan alam.

TAHUN 1970 (DISCO)

disco-fashion

Tahun 1970an terkenal dengan budaya music disco. Gaya berbusana yang mencirikan budaya disco berkembang pesat. Sekali lagi, tahun-tahun ini didominasi oleh anak-anak muda. Gaya berbusana ditunjukkan dengan penggunaan celana pendek ketat / hot pant , sepatu beralas rata, dan tentunya celana komprang.

Artis populer pada saat itu adalah John Travolta dengan filmnya yang terkenal “Saturday Night Fever”,tentu saja dengan gaya disco-nya. Cenala komprang dan rambut ditarik  kebelakang menjadi sangat tren tahun 1970an.

TAHUN 1970 (PUNK)

70punk

Tahun 1970an akhir juga diramaikan dengan gaya berbusana Punk. Gaya berbusana Punk  berasal dari Inggris yang kemudian menyebar di Amerika Serikat dan Dunia. Awal mula budaya Punk diramaikan dengan munculnya grup band beraliran Punk bernama Sex Pistols dengan lagunya yang populer pada saat itu yaitu “God Save The Queen”.

Kaum-kaum urban yang menentang kondisi politik identik dengan sebutan kaum Punk. Punk merupakan budaya subculture  yang secara eksplisit menentang politik kotor, menerapkan kehidupan mandiri, lugas, dan kebebasan.

Gaya berbusana Punk identik dengan rambut spaik tajam, baju hitam dengan ornamen metal tajam dan make-up yang mencolok.

TAHUN 1980 (NEW WAVE)

 

Kaos dan cenala jin menjadi begitu populer dikalangan remaja.  Pada masa ini, lagi, musik menjadi bagian penting dari gaya berbusana urban pada tahun 1980an awal. Masih dipengaruhi oleh budaya Punk, New Wave menawarkan gaya berbusana yang lebih diterima khalayak umum ketimbang Punk. Pengaruh televisi dan film yang lebih mudah terjangkau menyebabkan budaya ditahun 1980 lebih cepat tersebar. Pengaruh musik dari Inggris masih mendominasi, semacam Elastica dan grup beraliran Britpop lain.

TAHUN 1980 (MADONNA DAN AEROBIC)

80madonna

Tahun 1980an juga ditandai dengan berkembangnya teknologi portable seperti radio. Musik mulai didengar di  jalan raya, taman bermain,  dan juga tempat umum lain melalui radio  jinjing. Musik bergaya jalanan dengan baju kedodoran dan nuansa outdor bernama Musik Rap mulai digandrungi.

Bersamaan dengan itu, Gaya berbusana outdor semacam outfit Fitness dan olah raga menjadi populer, khususnya wanita  yang sering menggunakan legging sebagai perpaduan outfit celana mereka.

TAHUN 1980 (YUPPIE)

Berkembangnya teknologi juga menyebabkan perubahan lifestyle. Kalkulator saku dan jam digital sudah mulai banyak digunakan yang merembet pada kegiatan dunia kerja yang semakin tegas dan profesional. Kalangan Pekerja tidak lagi bergelut dengan mesin sebagai  buruh, banyak kelas  pekerja yang bekerja di dalam ruangan dengan perangkat elektronik di hadapan mereka. Para kelas pekerja juga tidak hanya melulu kaum pria. Wanita pun mulai menapaki dunia  karier sehingga julukan Wanita Karir dan Independen mulai dikenal dunia.

Tata busana akhir tahun 1980an akibat merebaknya  kalangan  pekerja kantoran ini disebut Yuppie. Singkatan dari “young urban professional” atau “young upwardly-mobile professional”.Gaya berbusana Yuppie dikenal dengan pakaian-pakaian kantoran yang  rapi dengan aksen minimalis. Tak terkecuali perempuan yang mulai menggunakan Jas dipadu dengan rok atau celana panjang dari kain.

Pada tahun 1920 – 1950

TAHUN 1920 (MELINDROSA)

30s

Amerika memainkan peran penting pada gaya berbusana tahun 1920. Di masa setelah Perang Dunia I, Amerika sebagai salah satu pusat mode dunia memasuki era makmur yang mempengaruhi gaya fashion mereka. Music Jazz dan tarian glamor muncul pada tahun tersebut. Perempuan mendapat suara pada tahun 1920 dan memasuki angkatan kerja dalam jumlah besar. Tahun-tahun 1920an juga ditandai dengan maraknya bisnis ilegal, salah satu cartel yang terkenal di dunia saat itu adalah Al Copone.

Fashion gaya Melindrosa (Flapper) yang berarti New Breed muncul. Style penggunaan make-up yang berlebihan, berdandan glamor, minum alcohol, mengendarai mobil, dan merokok menjadi hal yang mendampingi gaya berbusana glamor seperti ini. Bukan hanya itu, gaya berbusana tahun 1920 juga menunjukkan adanya milenia baru setelah sebelumnya gaya berbusana lebih condong pada  zaman Victoria.

 

TAHUN 1930 (CALCA COMPRIDA)

Ekonomi Amerika Serikat yang sedang mengalami depresi. Dikarenakan hal-hal sosial dan politik yang sedang  dalam masalah seperti diatas, Gaya berbusana pun mangalami perubahan menjadi lebih casual, dan tidak  glamor  layaknya pada masa 1920 atau  pada dekade sebelumnya. Baju yang lebih longgar dari bahan kain tebal dan tertutup menjadi pilihan.
TAHUN 1940 (WAR AND WORKING CLASS)

trend-fashion-housewife-style-era

Adanya WW II atau Perang Dunia ke-2 menyebabkan terpengaruhnya gaya busana dunia. Pabrik-pabrik baju digunakan untuk sarana pembuatan senjata. Bahan pembuatan kain wool digunakan untuk mendanai perang, sehingga munculah produk-produk sintetis  seperti stocking dan pakaian dalam yang  terbuat dari  nilon.

Nuansa baju juga dibuat bewarna hitam dan nuansa Navy dengan warna coklat dan hijau kehitaman. Pakaian yang digunakan kebanyakan  merupakan pakaian yang fleksible digunakan dan mayoritas mengkombinasikan dengan pakaian di era 1930-an. hal ini dikarenakan kebanyakan pabrik pembuat  tekstil digunakan untuk pembuatan  perlengkapan  perang. Selain itu, yang menjadi trend fashion pada  tahun 1940 adalah ikat kepala penutup rambut untuk kalangan perekerja wanita.

Pada masa ini juga ditandai dengan banyaknya buruh wanita yang digunakan sebagai tenaga kerja, sehingga wanita mulai menggunakan pakaian yang sering digunakan pria, semacam pakaian kerja atau perpaduan mantel bengkel dengan bawahan wanita.

 

TAHUN 1950 AWAL (NEW LOOK)

50dd

Setelah WW II atau Perang Dunia ke-2 usai, mulai menggeliat teknologi tekstil buatan. Baju-baju dibuat dengan kain nilon, orlon, dan dracon. Pasca perang, Fashion pada tahun ini lebih merujuk pada citra yang lebih segar namun tidak seglamour pada tahun 1920.

Pendekatan fashion pada remaja putri juga mulai diperkenalkan pada tahun-tahun 1950an, sehingga baju dan fashion  remaja mulai berkembang untuk bersaing dengan fashion dewasa.

Gaya berbusana populer pada tahun tersebut adalah perpaduan yang khas antara penggunaan spandek, kaos ketat panjang, dan topi lebar.

TAHUN 1950 AKHIR (PIN UP)

Selain gaya berbusana New Look. Tahun 1950 juga dihiasi dengan berkembangnya pakaian yang lebih urban namun tetap modis. Dipengaruhi oleh lagu-lagu Elvis Presley yang bernuansa Rock and Roll dan juga  gaya berbusana Merlyn Monroe. Gaya urban  dan  pop culture  ini dikenal dengan sebutan  Pin Up. Gaya busana  Pin Up lebih cenderung ringan dan semi terbuka.

Fashion ala Paris (pria)

Fashion Pria ala Paris

Paris merupakan kota yang dikenal dengan julukan negara pusatnya mode dunia, berbagai mode trend dunia lahir di Ibu kota negara Perancis ini. Tak mau kalah dari kaum hawa, para pria di Paris pun ikut menjadi orang-orang yang memperhatikan penampilan. Para pria disini memiliki gaya dan style tersendiri yang begitu keren dan patut untuk ditiru. Jika kamu ingin tampil keren layaknya parisian man, cukup mudah dan simple. Berikut ini kami menyajikannya untuk kamu simak.

 


  1. Koleksi Timeless

Tampil gaya dengan menggunakan berbagai mode yang sedang trend memang membuat Anda menjadi lebih trendy dan stylish. Namun, pria paris lebih suka memilih jenis mode yang dapat digunakan kapan saja. Jenis pakaian dengan timeless pieces justru menjadi salah satu trend tersendiri yang membuat gaya mereka berbeda. Misalnya, gaya oxford shirt yang pas di badan menjadi salah satu kunci utama jika kamu ingin mencoba bergaya seperti pria paris.

 

  1. Pilih Warna Netral

Cara berpakaian pria paris lebih suka menggunakan warna-warna senada, mereka tidak menyukai pakaian yang didominasi banyak warna. Biasanya mereka akan lebih suka memilih warna-warna yang netral, seperti hitam, putih, abu-abu dan coklat. Warna-warna netral tersebut memberikan kesan yang classy dan minimalis, dan membuat gaya kamu lebih sederhana.

 

  1. Layer Up

Cara dan karakter berpakaian pria paris bisa dilihat pada penggunaan konsep layer outfit yang keren, berbagai macam pilihan coat dapat memberikan kesan gaya yang chic. Outer wear tersebut juga bisa membuat gaya nampak lebih berbeda dan tidak monoton.

 

  1. Sepatu

Tak ketinggalan, pria paris saat berpakaian selalu memperhatikan detail footwear atau sepatu. Mereka sangat berhati-hati dalam memilih jenis sepatu yang pas, biasanya mereka cenderung menggunakan sepatu berjenis oxford klasik. Jenis sepatu ini paling banyak diminati dan gunakan oleh parisian man. Bagi kamu yang mau mencontoh cara bersepatu pria paris, sebaiknya sesuaikan dengan outfit yang kamu pakai.

 

Sekian ulasan seputar Gaya Berpakaian Trendy Ala Pria Paris yang Bisa Kamu Coba, cobalah untuk mengkombinasikan beberapa rules diatas dengan gaya dan cara berpakaianmu yang semakin membuat kamu tampil maksimal. Selain tampilan, usahakan untuk tetap memperhatikan rasa nyaman sehingga menunjang kepercayaan dirimu. Semoga bermanfaat, Keep stylish bro !